Selasa, 08 Desember 2015

Tahukah Kamu: Sendang Kalibalik, Penyelamat Dikala Kekeringan Melanda


Sendang adalah kolam yang biasanya terletak di pegunungan atau pedesaan, yang airnya berasal dari mata air di dalam kolam tersebut. Nah, di Desa Kalibalik ini terdapat dua sendang. Sendang pertama tempatnya terbuka tanpa ada penutup, selain itu penggunaanya dicampur antara laki-laki dan perempuan. Yang kedua, sendang yang ada penutupnya serta dilengkapi dengan WC dan kamar mandi. Kelebihan sendang kedua, tempatnya terpisah antara laki-laki dan perempuan sehingga tidak menimbulkan kerikuhan ketika ibu-ibu mandi di dalam sendang tersebut. Kedua sendang ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk mencuci, mandi serta sumber air untuk kebutuhan memasak. Jangan salah, untuk kebutuhan sumber air tidak dijadikan satu dengan sendang yang digunakan untuk mandi dan mencuci namun tempat sumber airnya terpisah, sehingga air masih bersih dan layak untuk dimasak.


Sendang Kalibalik sangat berperan besar terhadap kelangsungan hidup warga kalibalik. Hal ini disebabkan banyak warga kalibalik yang belum memiliki sumur atau kamar mandi di rumahnya sehingga sendang ini sangat membantu mereka yang belum memilki fasilitas MCK di rumah. 


Terkait musim kemarau kemarin yang berkepanjangan, warga kalibalik yang sudah memiliki sumur pun ikut merasakan dampaknya. Sumur yang digunakan mereka untuk sumber air untuk mandi, mencuci, memasak ikut kekeringan. Sehingga mereka yang memiliki sumur pun ikut “ngangsu” ke sendang untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Tak heran, jika sendang selalu ramai meskipun petang telah menjelang. (Mega, Mahasiswa KKN Unnes 2015)

Tidak ada komentar: