Minggu, 06 Desember 2015

Lingkungan: Unnes Konservasi Titipkan Mahasiswa KKN Hijaukan Desa



Kegiatan penanaman pohon telah dilaksanakan oleh TIM KKN Lokasi UNNES 2015 bekerjasama dengan Perhutani yang dilaksanakan di lahan milik Kadus I di Dusun Limbangan Bapak Rochadi. Program ini awalnya belum bisa diterima oleh masyarakat sebab penanaman pohon tersebut dilaksanakan masih dalam musim kemarau, mereka menghendaki bila penanaman pohon tersebut dilaksanakan di pertengahan atau akhir bulan Desember, tetapi, sehubungan dengan berakhirnya kegiatan KKN pada minggu kedua bulan Desember, sehingga penanaman pohon tetap dilaksanakan pada menjelang minggu kedua bulan Desember.


Setelah menjelaskan hal tersebut pada masyarakat program tersebut dapat dilaksanakan pada menjelang minggu kedua bulan Desember dan program tersebut dapat diterima dengan baik oleh warga dan tokoh masyarakat desa Kalibalik selain itu, partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program tersebut cukup besar terlihat dari warga yang menyediakan peralatan menanam pohon.


Program penanaman pohon yang dilakukan di Desa Kalibalik yang masih memiliki banyak lahan kosong, dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami beberapa pohon. Penanaman pohon ini bertujuan menjalankan program berbasis konservasi dan mengajak warga untuk lebih melestarikan lingkungan sekitar. Selain itu mengajarkan warga agar sadar akan pentingnya kebutuhan oksigen bagi makhluk hidup.
Perawatan tanaman selanjutnya diserahkan kepada desa dan diharapkan masyarakat desa berkenan memelihara tanaman tersebut agar menjadi tanaman yang bermanfaat di kemudian hari. (Azka)




Tidak ada komentar: