Rabu, 18 November 2015

Pendidikan: TIM KKN Unnes 2015 Kemas Pelatihan Seni Budaya Melalui Ekstrakurikuler Rebana MIN Desa Kalibalik


Sebagai salah satu dari dua MI Negeri se Kabupaten Batang MIN Desa Kalibalik rupanya sudah cukup memahami akan pentingnya adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari adanya ekstrakurikuler seperti Pramuka dan PMR, Marching Band dan Rebana, meskipun ekstrakurikuler Rebana sudah cukup lama vakum. Oleh karena itu, TIM KKN berinisiatif mengadakan kembali ekstrakurikuler tersebut dengan tujuan untuk mengasah bakat bermusik siswa.


Adanya program pelatihan seni budaya dalam ekstrakurikuler Rebana tersebut diterima dengan baik oleh sekolah, hanya saja, partisipasi guru untuk mengajar sedikit kurang dikarenakan guru tersebut tidak begitu menguasai alat musik rebana, sehingga dalam proses pelatihan seni budaya, seluruhnya diserahkan pada TIM KKN.


Dengan adanya program pelatihan seni budaya tersebut, dapat menghidupkan kembali ekstrakurikuler seni musik yang telah lama vakum, sehingga, dapat menumbuhkan bakat siswa MIN Desa Kalibalik di bidang musik di khususnya pada musik rebana. Dengan terasahnya kemampuan musik rebana anak-anak Desa Kalibalik, bakat anak-anak di Desa Kalibalik dapat dipertunjukan melalui acara-acara tertentu seperti acara maulidan ataupun takbiran.
Ekstrakurikuler musik Rebana perlu adanya tindak lanjut berupa pelatihan setiap Hari Rabu sepulang sekolah, dan yang melanjutkan kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah guru ekstra tersebut, sebab, selama program berlangsung, guru tersebut juga mengikuti pelatihan musik rebana bersama TIM KKN. (Azka, Lia)

Tidak ada komentar: